Friday, November 29, 2013

Jika Rahang Terasa Sakit Saat Disentuh


SakitTanya:
Saya merasakan sakit di bagian rahang bawah di sebelah kanan, tepat di bawah telinga. Rasa sakit awalnya terasa seperti akan muncul jerawat, namun tidak ada jerawat yang muncul. Saat mengunyah, rahang tersebut tidak terasa sakit, namun saat dipegang sakit. Apa penyebabnya ya?
Ruhul
 
Jawab:
Halo Ruhul,
 
Rasa sakit yang timbul dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari gangguan persendian rahang atau yang disebut dengan temporo mandibular joint syndrome, hingga gangguan saraf di daerah wajah atau yang disebut dengan trigeminal neuralgia.
 
Penyebab rasa sakit tidak dapat disimpulkan sendiri karena terlalu berisiko. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri secara langsung kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan gejala penyakit.
 
Untuk sementara, Anda dapat mencoba meredakan rasa nyeri dengan mengonsumsi ibuprofen berdosis 200 mg sebanyak dua kali sehari masing-masing satu tablet. Biasanya rasa nyeri akan hilang setelah 3 hingga 5 hari. Apabila rasa nyeri tidak hilang selepas dari jangka waktu tersebut, kemungkinan besar diperlukan penanganan khusus oleh dokter spesialis saraf dan Anda harus segera memeriksakan diri.

No comments:

Post a Comment