Friday, November 29, 2013

Suzuki iV-4: Badan Simpel, Tenaga Bongsor

Plasadana/Priandono

SEMPAT mejeng pada Frankfurt Motor Show September 2013 silam, Suzuki kembali mempromosikan mini SUV (sport utility vehicle) terbarunya, Suzuki iV-4. Mobil dengan penggerak empat roda ini muncul di Tokyo Motor Show 2013.

Suzuki iV-4 menggunakan gabungan desain dari dua tren mobil saat ini: mudah dimodifikasi dan tampak trendy. Desain tersebut sesuai dengan kepanjangan iV-4, yakni Suzuki individuality Vehicle 4. Nama ini diusung lantaran Suzuki yakin mampu dimodifikasi sesuai karakter pemilik mobil.

Model produk anyar itu mengingatkan pada Suzuki Jimny dan Grand Vitara. Itulah tampaknya yang diharapkan prinsipal untuk diingat oleh konsumennya. Sebab iV-4 memang disiapkan menjadi embrio Suzuki Grand Vitara masa depan.

Suzuki iV-4  dilengkapi grille dengan 5 garis vertikal laiknya Suzuki Jimmy. Namun, jika dilihat sepintas, mobil ini mirip dengan pesaingnya, crossover Nissan Juke. Setidaknya dalam beberapa sisi, seperti tampilan wajah depan.

Desain iV-4 juga dibuat minimalis dan futuristik. Dari segi ukuran, iV-4 hanya 4,2 m x 1,85 m x 1,6 m, jauh lebih kecil dibandingkan Suzuki Jimmy.

Untuk lampu depan, milik iV-4 lebih sipit dibandingkan Jimmy. Posisinya pun menyatu dengan body seperti ingin menampilkan kesan sangar.

Bagian belakang iV-4 pun tidak kalah dengan bagian depan. Lampu belakangnya berbentuk horizontal, dipadukan dengan diffuser pada bumper belakang nan tebal untuk 2 lubang knalpot. Alhasil, desain pun lebih kekar dan lebih kuat.

Meskipun berbadan kecil, jangan remehkan kelebihan mobil empat pintu ini. Tenaganya tetap bongsor alias besar. Pasalnya, Suzuki iV-4 menggunakan sistem 4WD teranyar dari Suzuki, yakni sistem ALLGRIP.

Sistem tersebut mampu membawa performa kendaraan lebih kuat dibandingkan mini-SUV lain. Alhasil, pengendara menikmati beragam situasi berkendara, dari jalanan normal, off-road hingga bersalju.

Fitur lain yang menjadi kelebihan iV-4 terdapat pada sistem pembuangan. Suzuki iV-4 ini rencananya dilengkapi dengan teknologi mesin ramah lingkungan, yang ditargetkan memiliki kadar emisi CO2 terkecil di kelasnya.

Hingga saat ini, Suzuki baru memamerkan iV-4 berwarna Brilliant Turquoise Metallic. Diperkirakan, Suzuki mulai memproduksi secara global Suzuki iV-4 pada tahun 2015 mendatang. Hadirkah di Indonesia?

No comments:

Post a Comment