Friday, November 29, 2013

Nyeri Dada Kiri Tak Selalu Penyakit Jantung

Tanya:
Saya seringkali merasakan nyeri di bagian dada sebelah kiri. Apakah ini merupakan gejala penyakit jantung?
 Anni

Jawab:
Halo Bu Anni,

Rasa sakit di bagian dada sebelah kiri belum tentu mengindikasikan adanya penyakit jantung.
Nyeri pada dada dapat disebabkan oleh hal-hal lain selain jantung, seperti nyeri akibat adanya sesuatu yang terjadi pada paru-paru, lambung, tulang, maupun persendian yang ada di sekitar dada. Nyeri jenis demikian juga dapat terjadi pada orang-orang berusia muda (usia kurang dari 40 tahun).

Perhatikan kapan dan bagaimanan perasaan nyeri di bagian dada muncul. Apabila nyeri pada dada muncul pada saat berada dalam posisi berbaring miring atau dalam posisi membungkuk, maka rasa nyeri cenderung mengindikasikan adanya peradangan pada saraf di daerah iga atau disebut dengan  intercostals neuritis. Diagnosis lain yang mungkin menyebabkan rasa nyeri adalah adanya peradangan rongga pleura/rongga pembungkus paru yang disebut dengan pleuritis, serta kemungkinan adanya masalah pada persendian iga dan otot dada atau yang disebut dengan costochondral syndrome/ costo-chondritis.

Bagi nyeri yang terjadi dan terbukti merupakan masalah dengan persendian dan otot dada, obat anti nyeri seperti ibuprofen (diminum 3 kali sehari, masing-masing dengan dosis 200 mg) dilengkapi dengan kompres hangat selama 10 menit dan pemijatan  pada bagian dada atau di mana pun yang terasa sakit seharusnya sudah mampu meredakan nyeri.
Jika berbagai tindakan di atas kurang membantu mengontrol rasa nyeri, disarankan bagi Ibu Anni untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebab rasa nyeri dada. Biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan rontgen dada dan EKG atau elektrokardiografi untuk memeriksa kondisi jantung dan paru-paru. 
Demikian informasi, semoga dapat membantu. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment