Tuesday, November 26, 2013

Tinjauan Pengguna Nexus 5

Apa yang membuat saya ingin memiliki Nexus 5, ponsel terbaru dalam bisnis premium setahun sekali dari Nexus?

Sebagian besar karena, saya ingin melenturkan otot “tanpa kontrak dan tak dikunci” saya. Google sekarang menjual ponsel-ponsel tak dikunci (unlocked), tidak ada syarat kontrak selama dua tahun, dengan Android murni, dari Google Play Store; itu artinya Anda tidak terikat dengan sebuah provider, atau dengan satu smartphone, selama 24 bulan, dengan biaya besar yang harus dibayarkan jika Anda nekat meng-upgrade ponsel Anda.

Google juga menjual versi HTC One dan Samsung Galaxy S4, tapi dengan harga 599 dolar AS (sekitar Rp6,92 juta) dan 649 dolar AS (sekitar Rp7,49 juta) secara berurutan membuat ponsel-ponsel itu sulit dijangkau sebagian besar pembeli. Dengan hanya 349 dolar AS (sekitar Rp4,03 juta), harga Nexus 5 itu sudah pas.

Saya sudah mengunakannya selama tiga pekan sampai sekarang. Berikut ini adalah kelebihan (sebagian besar) dan kekurangan (hanya kadang-kadang muncul) dari Nexus 5 yang saya temukan selama saya memilikinya hampir satu bulan.



Kelebihan

Kelebihan Nexus 5 terdapat pada bagian yang langsung Anda perhatikan: bobot/rasa, display dan kecepatan. Nexus 5 sangat tipis dan sangat ringan (dan juga sangat tinggi, yang bukanlah bentuk ideal, tapi hal itu juga tidak terlalu menganggu). Bodinya menampilkan sebuah rancangan khusus yang benar-benar sangat saya sukai. Berasal dari Nexus 4, itu adalah sebuah perubahan yang bagus. Tidak ada lagi tombol-tombol bercahaya dan terbuat dari krom palsu dan ukiran di sekeliling layarnya. Dan dibandingkan dengan sebagian besar smartphone unggulan lain pada umumnya, saya puas karena casing yang terbuat karet dan plastik itu tidak membuatnya terlihat seperti perhiasan palsu dan merasa bahwa model seperti itu saat ini menjadi trend terbaru.

Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa saya merindukan gaya Nextel i530 (di bawah ini), tapi bisa dibilang iPhone emas tidak cocok untuk saya.




Soal layarnya, tidak ada lagi yang kurang. Tentu, displaynya yang keren akan memakan daya baterai lebih tinggi daripada ponsel lain yang saya pakai sebelumnya (akan dibahas lebih dalam nanti); tapi foto, situs dan videonya terlihat oke. Dan terima kasih untuk Google karena kembali menampikan bar hitam di bagian atas dan bawah layar untuk Kitkat versi ini, membuatnya menjadi jelas. (Untuk sekarang ini adalah fitur khusus pada Nexus 5.)



Ponsel ini memang lebih cepat dan lebih responsif dibandingkan dengan semua ponsel Android dan Nexus yang pernah saya gunakan. Ya, prosesor pada Nexus 5 satu tingkat lebih baik dibandingkan dengan Nexus 4, dan jauh lebih unggul dibanding Galaxy Nexus, tapi Google juga membuat Android 4.4 (atau “KitKat”) dengan maksud untuk mencegah OS itu memonopoli sumber daya system. Itu artinya Android versi ini diciptakan untuk kecepatan. Beberapa fitur oke lain dari KitKat mencakup integrasi emoticon globalnya (:-D), sebuah tombol angka pintar yang bisa mencari nomor telepon secara otomatis untuk tempat-tempat yang dekat dengan Anda dan itegrasi Google Now yang lebih rumit (yang untuk saat ini hanya terdapat pada Nexus 5).

Namun sebagian besar display, rasa dan kecepatannya unggul.

Kekurangan

Jika Anda sudah membaca semua hal mengenai Nexus 5 sampai pada poin ini, Anda mungkin sudah membaca keluhan mengenai baterainya. Saya akan melaporkan masalah itu di sini, ya, sebelumnya, saya menilai daya tahan baterainya jelek. Saya mengeluh kepada teman-teman, teman sekamar dan keluarga saya mengenai kualitasnya yang berada di bawah standar itu; setelah bekerja selama delapan jam, ponsel saya hampir mati saat saya masih dalam perjalanan pulang dengan menggunakan kereta bawah tanah.

Namun, setelah tiga pekan, saya menilai daya tahan baterainya menjadi lebih baik. Saya bisa memainkan ponselnya selama 15 jam pekan ini. Dan akhir-akhir ini dalam perjalanan pulang ke rumah saya hanya memakai 7 sampai 8 persen daya baterainya, sambil mendengarkan radio dan musik secara streaming.

Ini adalah simpulan saya: Sejak menyetel ponsel ini sebelumnya pada bulan ini, serangkaian edisi terbaru untuk aplikasi yang banyak saya pakai disalurkan dari hari ke hari. Sebagian besar catatan edisi terbaru aplikasinya mencakup sebuah pesan “sudah diperbarui untuk kompatibilitas dengan Android 4.4.”  Mungkinkah beberapa aplikasi kecil atau semua aplikasi yang belum dioptimalkan untuk KitKat memakan daya baterai? Atau mungkin hanya ada satu aplikasi yang benar-benar boros? Saat tertentu, layarnya memang benar-benar boros baterai, menurut dashboard info baterai Android, jadi itu adalah sebuah misteri. Yang sudah pasti bisa saya beri tahukan adalah bahwa baterai Nexus 5 saya daya tahannya semakin baik; dan walaupun baterainya sudah lebih baik dalam beberapa pekan terakhir, Google masih harus banyak bekerja untuk menandingi daya tahan ponsel tersebut, atau bahkan keunggulan baterai Galaxy Note 3 yang konsisten.

Sekarang bagian kamera. Tidak semua orang adalah penggemar kamera smartphone, seperti yang diyakini banyak ahli teknologi. Sudah jelas, akan menyenangkan jika ada sebuah mini Nikon dalam satu samrtphone; tapi Nexus 5 tidak akan memberikannya kepada Anda dan tidak juga ponsel-ponsel lain.

Namun, kenyataannya adalah, bahwa smartphone iPhone 5S, Galaxy S4 dan Nokia yang baru semuanya berhasil meningkatkan kualitas kamera smartphone mereka pada setiap perilisan smartphone yang baru, dan dalam produk Nexus, Google lebih sering tidak meningkatkan kualitas kamera smartphone-nya. Kameranya mengecewakan dibandingkan dengan model-model smartphone lain yang saat ini beredar. Gambar-gambarnya terkadang kusam, pudar dan kasar; tapi jika Anda memasang pencahayaannya dengan tepat (dan saya tidak tahu apa rumusnya) Anda bisa mengambil beberapa foto yang cukup bagus. Semoga saja Google, seperti Motorola, bisa memasang sebuah update software untuk meningkatkan kameranya yang rewel. Sampai saat itu tiba, berikut ini adalah beberapa hasil pengambilan foto untuk menampilkan keunggulan atau kelemahan sifat kamera Nexus 5.




Selain dua keluhan utama dari Nexus 5 ini, saya hanya menemukan sedikit keluhan yang tidak berarti. WiFi-nya sepertinya mudah terganggu dengan router Belkin saya yang digunakan di rumah, dan masih ada banyak aplikasi yang belum diperbarui untuk Android 4.4, dan oleh karena itu aplikasinya sering tidak berjalan dengan baik. Saya tidak hanya berharap agar masalah ini diselesaikan dengan data-data terbaru di masa mendatang, tapi saya adalah veteran dalam hal beta-testing, jadi masalah-masalah ini mungkin lebih mengganggu bagi pengguna lain.

Jadi, apa penilaian terakhir saya?

Secara keseluruhan: Ya, sejauh ini, ponsel ini adalah Nexus yang terbaik! (copyright: Apple) Tentu saja, dengan kamera dan baterai yang tertinggal jauh dari ponsel seperti Samsung Galaxy S4, ini artinya sama saja dengan mengatakan, “Ini adalah kopi terbaik dari Dunkin’ Donut yang pernah saya minum!”




Tapi serius, saya membeli Nexus 5 dan saya tidak menyesal. Pengalaman Android yang murni dan bebas ini sudah pasti cocok untuk saya (maaf untuk TouchWiz dan Sense) dan saya tidak mendapat masalah serius dengan kelemahan ponsel ini; faktanya, saya lebih senang memakai ponsel ini daripada smartphone sebelumnya yang pernah saya beli sejak membeli HTC Hero pada hari peluncurannya. Selain itu, saya ingin berterima kasih kepada Google karena memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti akal sehat saya dan beralih ke ponsel yang bebas dan unlocked (dan dengan harga terjangkau). Kau benar-benar Gary Johnson di industri ponsel!

No comments:

Post a Comment