Friday, November 29, 2013

Rangkuman Berita Jumat 29 November 2013

Kami memilihkan lima berita dari peristiwa Jumat (29/11). Lima berita lainnya adalah yang paling banyak dibaca di Yahoo Indonesia sejak pagi ini.

YANG PERLU ANDA BACA
Babad Diponegoro dan naskah Nagarakretagama masuk Memory of the World
Babad Diponegoro dan naskah Nagarakretagama diakui sebagai Ingatan Kolektif Dunia, bagian dari program UNESCO yang bertujuan melindungi dan melestarikan warsan sejarah dunia. Babad Diponegoro merupakan otobiografi Pangeran Diponegoro, yang ditulis selama masa pengasingan Pangeran Diponegoro di Sulawesi Utara pada tahun 1831-1832. Isinya pandangan Diponegoro terhadap isu kepemimpinan nasional dan keagamaan. 

Naskah Nagarakretagama adalah dokumen gubahan Empu Prapanca yang menggambarkan kejayaan dan kebesaran Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Dokumen kuno ini ditulis di atas daun lontar dengan huruf dan Bahasa Jawa Kuno. Berisi tentang hukum, undang-undang serta tata pemerintahan yang menjadi warisan Majapahit.

Jajak pendapat: penanganan macet tak disukai, Jokowi-Basuki tetap disukai
Sigi oleh Pusat Data Bersatu menyimpulkan 61,5 persen responden tak puas dengan kinerja pemerintah provinsi DKI Jakarta menangani kemacetan. 50,8 persen tak puas soal pembenahan angkutan umum. Meski tak puas, rupanya responden masih menyukai pasangan gubernur dan wakil gubernur Ibu Kota. Di bidang pendidikan, kesehatan, birokrasi, dan sektor informal, kinerja keduanya terbilang disukai. Jajak pendapat menjaring 500 responden melalui telepon.

Kapolri: Imigran gelap ke Australia bukan urusan Indonesia
Kepala Polri Jenderal Sutarman menegaskan telah menghentikan kerjasama dengan Australia dalam penyelundupan manusia. Penghentian ini bersifat sementara dan menunggu keputusan lebih lanjut dari presiden. Namun para imigran gelap, bila memasuki wilayah Indonesia dan melanggar hukum, tetap bisa ditindak. Pemutusan kerja sama ini adalah buntut dari ketegangan diplomatik Indonesia-Australia setelah beredar dokumen penyadapan terhadap sejumlah pejabat tinggi termasuk Presiden dan Ibu Negara.

YLKI: tarif tol dalam kota tak layak naik
Pemerintah mengumumkan kenaikan harga sejumlah ruas tol mulai 5 Desember nanti. Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Sudaryatmo mengatakan tarif tol ruas dalam kota DKI Jakarta tidak layak naik selama mutu pelayanan tak membaik. Variabel yang digunakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dalam menaikkan tarif tol hanya didasari oleh kenaikan inflasi. Seharusnya pemerintah memasukkan variabel tingkat mutu layanan dan efisiensi operator dalam hal menaikkan tarif tol. Kenaikan tarif kini hanya memberatkan sisi ekonomi karena kenaikan biaya logistik pada barang-barang.

KPK cegah staf khusus Sutan Bathoegana
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirim surat pencegahan terhadap staf khusus anggota DPR Sutan Bathoegana, Iryanto Muchyi terkait kasus dugaan suap di lingkungan SKK Migas. Selain itu, KPK juga melayangkan surat cegah terhadap Pegawai SKK Migas Ayodhia Bellini Hendriono. Pencegahan keduanya berlaku selama 6 bulan, sehingga mereka tidak bisa pergi ke luar negeri. Sebelumnya, mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini mengakui pernah menyetor uang sebanyak 200 ribu dolar AS ke Komisi VII DPR.


PALING BANYAK DIBACA
Dhani: Al bahaya buat Farhat
Itulah alasan mengapa El yang menantang tinju Farhat Abbas. Kata Ahmad Dhani, Al terlalu kuat dan bahaya bagi Farhat. Padahal sebenarnya yang ingin adu tinju, kata dia, adalah putra sulungnya itu.  Dhani sudah mendaftarkan pertandingan tinju melawan Farhat itu di kantor Persatuan Tinju Amatir Indonesia. Menurut dia, anak-anaknya memang menggemari olahraga bela diri. Pertandingan sparring partner itu akan digelar Sabtu sekitar jam 14 di sasana Amfibi Marinir. http://id.omg.yahoo.com/news/beda-bobot-el-tetap-bisa-sparring-lawan-farhat-083142539.html

Maia sedih anak-anaknya ribut
Berita perseteruan anak-anak Maia-Dhani dengan Farhat Abbas membuat sang ibu gundah. "Saya sebagai ibu saya sangat sedih kalau anak-anak saya dan pak Farhat ribut-ribut begitu," kata Maia Estianty. Ia mengaku heran masalahnya menjadi melebar dan liar. Ia berharap adu tinju tersebut tak jadi.

Perceraian Henidar Amroe
Henidar Amroe, 51, bercerai dengan seorang pria berusia 24 tahun. Sebelumnya tak ada berita bahwa Henidar menikah dengan pria muda. Pernikahan mereka tercatat terjadi pada 2009 dan, hingga bercerai, keduanya tak memiliki anak.

Celebs Social Snap 28 November
Pilihan foto-foto seleb dari jejaring sosial ini masih banyak dibaca hingga Jumat. Di akun Instagramnya, Zaskia Sungkar membandingkan foto-foto dirinya dengan Katie Holmes. "Yang pasti aku versi gagalnya," kata Zaskia.

Langkah menuju tubuh langsing
Artikel ini membahas empat hal yang membantu mengembalikan diet ke jalurnya. Turunkan stres, pilih camilan yang baik, menambahkan mint ke makanan, hingga memakai cabe yang ternyata membantu pembakaran kalori hinga 30 persen.

No comments:

Post a Comment